Pembelajaran Teks, Sejumlah Catatan

Pembelajaran Teks, Sejumlah Catatan

Sudaryanto  ;   Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
 FKIP Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
HALUAN,  24 Februari 2014
                                                                                                                        
                                                                                         
                                                                                                                       
Salah satu hal yang dianggap baru dan mendasar dalam Kurikulum 2013 ialah pembelajaran teks dalam mata pelajaran Ba­hasa Indonesia. Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemen­dikbud, Mahsun (2013), menegaskan hal itu.

“Dari SD sampai SMA, kurikulum Bahasa Indonesia diajarkan dengan berbasis teks,” ujarnya. Pertanyaan­nya, hal-hal apa sajakah yang perlu dipersiapkan dalam pembelajaran teks di sekolah / madrasah kita?

Dalam sebuah teori pembelajaran disebutkan, ada tujuh komponen yang berperan di dalam pem­belajaran di kelas. Ketujuh komponen itu meliputi guru, siswa, strategi mengajar, kurikulum, materi / bahan ajar, media ajar, dan eva­luasi pembelajaran.

Tulisan ini ingin me­m­fokus­kan diri pada empat hal saja, yaitu guru, siswa, strategi mengajar, dan materi/bahan ajar. Adapun soal kurikulum, media ajar, dan evaluasi pembelajaran, kelak dibahas di lain kesempatan.

Pertama, faktor guru. Sebaik dan sebagus apapun kurikulum yang dirancang oleh pemerintah, termasuk Kurikulum 2013, saya yakin, guru tetap menjadi faktor kunci dalam proses pembelajaran di kelas. Dalam konteks pelajaran Bahasa Indonesia, guru Bahasa Indonesia memegang peran penting dalam pelak­sa­naan pembelajaran teks.

Penguasaan guru terhadap teks berbahasa Indo­nesia dapat dilakukan melalui dua kegiatan, yaitu membaca dan menulis.

Lemah Membaca dan Menulis

Saya sependapat dengan Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, yang juga Guru Besar Linguistik Universitas Mataram, Mahsun (2013). Dia berpendapat, “Selama ini, pembelajaran Bahasa Indonesia tidak dipakai untuk membentuk cara berpikir. Tak heran, jika kita lemah dalam membaca maupun menulis.”

Ungkapan bahwa kita “lemah dalam membaca maupun menulis” layak digaris bawahi oleh semua pihak, termasuk guru Ba­hasa Indonesia. Dalam rangka men­yam­but pelaksanaan Kuri­kulum 2013, terutama pembelajaran berbasis teks di kelas, para guru Bahasa Indonesia dituntut untuk gemar mem­baca dan menulis.

Mereka harus memiliki pengetahuan mengenai ragam-ragam teks, mulai dari teks deskriptif, cerita ulang (recount), hingga karya sastra. Selain itu, para guru Bahasa Indonesia harus pula memiliki kese­nangan dalam menulis, baik teks fiksi maupun nonfiksi.

Melalui teks puisi, misal­nya, para guru Bahasa Indonesia dapat mengajarkan siswanya di kelas untuk menjadi sosok apresiator yang baik, selain juga menjadi sosok kreator yang baik pula.

Bahkan, melalui teks puisi pula, para guru Bahasa Indonesia dapat mem­bentuk sikap positif dan nilai-nilai luhur pada diri siswanya. Misalnya, melalui puisi “Kupu-kupu dalam Buku” (1996) karya Taufiq Ismail, siswa diharapkan memiliki kegemaran mem­baca di tempat mana pun.

Kedua, faktor siswa. Selain guru yang dituntut untuk gemar membaca dan menulis, siswa juga dituntut hal serupa. Kegemaran membaca dan menulis siswa akan tumbuh tatkala di sekolah dan rumahnya tersedia bahan bacaan yang lengkap. Tanpa itu, kegemaran membaca dan menulis siswa tidak akan bisa terwujud.

Di sini, saya tiba-tiba teringat pengalaman dari rekan penulis Dr. Shofwan Al Banna Choiruzadd, atau biasa disapa Mas Shofwan.

Sedari kecil, Shofwan tumbuh di lingkungan keluarga yang gemar membaca. Masa kecil dan remajanya dihabiskan di lingkungan Kampung Jogo­kariyan, Yogyakarta. Ketika kawan sebayanya lebih banyak bermain, Shofwan justru memilih di rumah dan asyik membaca buku-buku koleksi ayahnya, KH Muhammad Jazir Asp. Atas kegemaran membacanya itu, ia pun bisa menulis beberapa buku yang best seller, seperti Ramadhan Is Dead?

Pendek kata, baik guru Bahasa Indonesia maupun siswa, dituntut untuk sama-sama memiliki kegemaran membaca dan menulis. Untuk mewujudkan hal itu, alangkah bijaknya kalau pihak sekolah dan orang tua menyediakan bahan-bahan bacaan yang disukai oleh siswa-siswa/anak-anaknya.

Tak ada salahnya, misalnya, jika guru di kelas dan orang tua di rumah sesekali membelikan hadiah ulang tahun kepada siswa/anaknya berupa buku atau ensiklopedia.

Inovasi Pembelajaran

Ketiga, faktor strategi mengajar. Seorang kawan pernah bercerita bahwa dirinya lebih menyenangi pelajaran Kimia di SMA karena cara penyampaian materi oleh gurunya yang inovatif dan kreatif.

Kebetulan, gurunya itu merupakan guru praktikan (PPL). Selain juga masih muda, ia juga senang memberikan apresiasi positif kepada semua siswa, ter­masuk kawan saya tadi. Beberapa tahun kemudian, kawan saya tadi menjadi dosen di kampus yang sama dengan penulis.

Dari cerita di atas, ada dua hal yang perlu dicatat di sini. Pertama, materi ajar boleh sama di tangan para guru, namun strategi pembelajaran di kelas harus inovatif sehingga siswa menjadi senang dan mudah memahaminya.

Kedua, alangkah baiknya jika seorang guru pandai memberikan apresiasi positif kepada siswanya. Misalnya, dengan mengucapkan kata-kata seperti “Bagus!”, “Sip!”, “Cerdas!”, ataupun cukup menunjukkan ibu jari atau jempol saja.

Keempat, faktor materi/bahan ajar. Seperti dising­gung di atas, teks atau genre mudah didapatkan dari beragam sumber, seperti buku, majalah, atau internet. Melalui internet, misalnya, guru Bahasa Indonesia dapat mencari, memilih, dan memilah teks-teks deskripsi untuk membelajarkan ke­mam­puan deskriptif para siswanya. Atau, melalui internet pula, siswa-siswa mencari teks-teks cerita rakyat yang mengandung nilai-nilai luhur dan karakter positif.

Bagi guru Bahasa Indonesia, siaran berita dari stasiun radio, baik pusat maupun daerah, dapat dimanfaatkan sebagai materi ajar kompetensi menyimak berita. Bahkan, tidak ter­tutup kemungkinan materi ajar tersebut dimanfaatkan ke arah penelitian tindakan kelas, seperti dilakukan oleh Sutrisno, guru Bahasa Indonesia SMP N 1 Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta. Teks atau genre tak harus berwujud tulis, tetapi juga bisa berwujud lisan.

Akhir kata, keberhasilan (atau malah sebaliknya) pembelajaran teks atau genre dalam pelajaran Bahasa Indonesia amat ditentukan oleh beragam faktor. Guru, siswa, strategi mengajar, dan materi/bahan ajar layak diperhatikan oleh pihak sekolah dan orang tua. Bagaimana pun, Kurikulum 2013 hanyalah sebuah dokumen yang, mau tidak mau, masih memerlukan daya kreativitas, inovasi, dan kemauan semua pihak untuk mewujudkannya secara sinergis. Anda setuju?
Indeks Prestasi

Post a Comment